Kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapat kunjungan dari dosen dan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Jum’at 14 September 2018 lalu. Kunjungan dalam rangka ‘Outdoor Mathematics’ merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai bagian dalam mata kuliah seminar bagi mahasiswa pendidikan matematika semester 6 di UMB.

Tahun ini, Pendidikan Matematika FIP UMJ dipilih menjadi salah satu destinasi kunjungan oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbesar di Bengkulu ini. Rombongan yang terdiri atas 49 mahasiswa dan 5 orang dosen diterima langsung oleh Dekan FIP UMJ, Wakil Dekan II FIP UMJ, Kaprodi Pendidikan Matematika beserta semua dosen dan staf di ruang auditorium FIP UMJ.

Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc. selaku kaprodi Pendidikan Matematika FIP UMJ menyatakan sangat antusias dengan kedatangan delegasi dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam rangka studi banding dan menjalin kerjasama. Senada dengan kaprodi Pendidikan Matematika, Dekan FIP UMJ Dr. Iswan, M.Si. juga sangat gembira dan berharap diadakan seminar bersama ataupun pertukaran magang yang dilaksanakan secara rutin. Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan MoU antara kedua institusi FIP UMJ dengan FKIP UMB. Diharapkan kedepannya kerjasama yang telah dijalin ini dapat terlaksana dengan baik. (MT)

 

Pendidikan Matematika FIP UMJ Kirim 9 Mahasiswa di Ajang Calculus Cup X UNJ

Sembilan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FIP UMJ siap berkompetisi di ajang Calculus Cup X yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 8 September 2018 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sembilan mahasiswa yang merupakan mahasiswa aktif semester 3 dan 5 tersebut terbagi ke dalam 3 tim : Tim Polaris (Abdul Rohim, Muhammad Alpadery, Evy Arsita Damayanti); Tim Sirius (Devina Hapsari Putri, Fiki Fathy Izzatillah, Siti Fatimatuz Zahro); Tim Arcturus (Bakhitah, Muhammad Itsnan Hidayat, Sarah Istiqomah). Ini merupakan kali pertama prodi pendidikan matematika FIP UMJ mengirimkan delegasi pada kegiatan Calculus Cup, mudah-mudahan ke depannya dapat terus berpartisipasi dalam ajang rutin kompetisi tahunan tersebut. Selamat berkompetisi… Do your best and Allah will do the rest, because Allah is the best of planner. (MT)

Jurnal FIBONACCI Terakreditasi SINTA 3

Setelah 4 tahun terbitan, akhirnya jurnal FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta ditetapkan sebagai jurnal ilmiah Terakreditasi Peringkat 3. Hal ini tertuang di dalam Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018. Dengan diraihnya akreditasi peringkat 3 ini, jurnal FIBONACCI dapat menjadi wadah yang tepat bagi para peneliti di bidang pendidikan matematika atau bidang matematika untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. (MT)

SK Akreditasi Elektronik Periode I 2018 Nomor 21/E/KPT/2018

Workshop Matematika Asik Bersama Papa Lodi

Pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018, HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sukses menggelar acara Workshop “Let’s Talk About Mathematics with Magical Technique” bersama Papa Lodi. Acara yang berlangsung di Aula Pascasarjana UMJ ini diikuti oleh 126 peserta yang terdiri atas mahasiswa, guru, dosen, serta praktisi di bidang matematika.

Kegiatan diawali dengan tes diagnostik siswa SD Lab School FIP UMJ kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh kaprodi Pendidikan Matematika FIP UMJ ibu Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc. Selanjutnya, Papa Lodi memberikan gambaran umum rendahnya pemahaman dasar matematika siswa di Indonesia serta membagikan ilmunya bagaimana cara mengatasi siswa yang kesulitan menerima pelajaran matematika. Dengan gayanya yang khas, Papa Lodi sukses membuat seluruh peserta workshop enggan untuk meninggalkan bangku mereka dikarenakan tidak ingin melewatkan materi yang diberikan. Games-games serta humor matematika yang Papa Lodi berikan membuat acara yang berlangsung sejak pukul 08:00 sampai dengan 18:00 terasa sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Di akhir acara, Papa Lodi mengingatkan kembali bahwa pada dasarnya matematika itu mudah dan asik, cara penyampaiannya yang salah itulah yang sering membuat matematika terlihat susah dan menakutkan. (MT)

Rektor: Prodi merupakan Jantungnya Universitas

Selasa (5/3), di Aula Rektorat lantai 1 Rektor UMJ Prof. Syaiful Bakhri melantik beberapa kaprodi dan ketua lembaga di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) antara lain: Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran Dr. Herwina Bahar, Ketua Badan Kajian Perencanaan dan Pengembangan Sri Yunanto, Ph.D, Kaprodi Pendidikan Matematika Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc., Kaprodi Kesejahteraan Sosial Moh. Amin Thohari, M.Si., Kaprodi Bahasa Inggris Zaitun, M.Pd., Kaprodi Bahasa Indonesia Khaerunnisa,M.Pd., Kaprodi PGSD Azmi Al Bahij,M.Si., Kaprodi PGPAUD Dr.Diah Andika Sari, Kaprodi Magister Teknologi Pendidikan Dr. Happy Indira Dewi, ST., MT., Kaprodu Studi Pendidikan Olah Raga Dobby Putro Parlindungan,M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut rektor menegaskan bahwa program studi merupakan jantung universitas. Karena, menurutnya, proses catur dharma perguruan tinggi dijalankan di tingkat program studi. Ia juga mengingatkan agar kaprodi yang dilantik bekerja dengan penuh inovasidan kreativitas dalam pengembangan pendidikan.

Selain itu, kaprodi juga memiliki tanggung jawab lain yaitu mendorong kolega-koleganya untuk melakukan penelitian-penelitian. Kaprodi, katanya, harus menjaga koordinasi dankolaborasi dengan pimpinan di tingkat fakultas hingga universitas.

Sedangkan Ketua BPH UMJ Husni Thoyar,M.Ag. menggarisbawahi janji yang telah diucapkan dalam sumpah jabatan, “diharapkan para pejabat yang dilantik agar membaca kembali dan mempraktekkan janji jabatan yang sudah diucapkan.” Selain itu, para pejabat yang dilantik agar dapat mengingat-ingat kembali catatan-catatan saat dilakunan fit and proper test.”Pada dasarnya, bekerjalah dengan baik dan ikhlas,” katanya jelas.