Jurnal FIBONACCI Terakreditasi SINTA 3

Setelah 4 tahun terbitan, akhirnya jurnal FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta ditetapkan sebagai jurnal ilmiah Terakreditasi Peringkat 3. Hal ini tertuang di dalam Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018. Dengan diraihnya akreditasi peringkat 3 ini, jurnal FIBONACCI dapat menjadi wadah yang tepat bagi para peneliti di bidang pendidikan matematika atau bidang matematika untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. (MT)

SK Akreditasi Elektronik Periode I 2018 Nomor 21/E/KPT/2018

Workshop Matematika Asik Bersama Papa Lodi

Pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018, HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sukses menggelar acara Workshop “Let’s Talk About Mathematics with Magical Technique” bersama Papa Lodi. Acara yang berlangsung di Aula Pascasarjana UMJ ini diikuti oleh 126 peserta yang terdiri atas mahasiswa, guru, dosen, serta praktisi di bidang matematika.

Kegiatan diawali dengan tes diagnostik siswa SD Lab School FIP UMJ kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh kaprodi Pendidikan Matematika FIP UMJ ibu Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc. Selanjutnya, Papa Lodi memberikan gambaran umum rendahnya pemahaman dasar matematika siswa di Indonesia serta membagikan ilmunya bagaimana cara mengatasi siswa yang kesulitan menerima pelajaran matematika. Dengan gayanya yang khas, Papa Lodi sukses membuat seluruh peserta workshop enggan untuk meninggalkan bangku mereka dikarenakan tidak ingin melewatkan materi yang diberikan. Games-games serta humor matematika yang Papa Lodi berikan membuat acara yang berlangsung sejak pukul 08:00 sampai dengan 18:00 terasa sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Di akhir acara, Papa Lodi mengingatkan kembali bahwa pada dasarnya matematika itu mudah dan asik, cara penyampaiannya yang salah itulah yang sering membuat matematika terlihat susah dan menakutkan. (MT)